Sunday, February 12, 2012

cara menyimpan video YOU TUBE


Seorang teman datang ke rumah, dia menanyakan bagaimana cara mendownload video dari Youtube. Kemudian saya bilang ke dia kalau video dari Youtube atau dari manapun di internet tidak perlu didownload, tapi bisa diambil dari folder ‘cache’ browser yang digunakan untuk memutar video tersebut seperti saya biasa melakukannya. Dan ini bisa dilakukan bukan cuma untuk file video saja, tapi juga file musik seperti mp3.
Saya biasa melakukannya seperti ini..
Tinggal putar saja video atau musik yang kita mau di Youtube atau dari situs manapun di internet seperti 4shared atau apapun itu sampai selesai. Setelah itu buka folder ‘cache’ dari browser yang kita gunakan. Jika kita menggunakan Linux sebagai sistem operasi komputer kita, folder ‘cache’ dari browser Firefox ada di ~/.mozilla/firefox/<nama_profil>/Cache. Sedangkan ‘cache’ dari browser Chromium (saya menggunakan Mandriva, dan di Mandriva yang digunakan bukan Google Chrome, tapi Chromium, versi open source dari Google Chrome) ada di ~/.cache/chromium/Default/Cache. Jika anda menggunakan sistem operasi lain silakan dicari sendiri menggunakan fasilitas pencari file dan folder di sistem operasi yang anda gunakan, karena saya kurang tahu.
Setelah dibuka, sort file berdasarkan tanggal modifikasi dengan file yang terakhir dimodifikasi berada diatas. Lalu cari file yang tanggal dan waktunya sesuai dengan tanggal dan waktu ketika kita memutarnya di browser, kemudian cari file dengan ukuran terbesar diantaranya. Biasanya file video berukuran besar, untuk file video berdurasi setengah menit saja ukurannya bisa lebih dari 1 MB. Copy file tersebut ke folder lain, kemudian untuk pengguna Linux bisa langsung memutarnya di video player favorit kita seperti Totem atau VLC. Untuk pengguna Windows, karena Windows tidak bisa membaca file tanpa ekstensi, maka kita harus menambahkan ekstensi di file tersebut dengan ekstensi “.flv”, jika file tersebut bernama “nama_file”, maka kita harus merubah namanya jadi “nama_file.flv”. Setelah itu kita tinggal memutarnya di video player yang support file berekstensi .flv seperti Winamp atau VLC.
Begitulah yang saya katakan kepada teman saya. Jika anda ingin mencobanya, saya ucapkan “Selamat mencoba!”.

0 comments:

Post a Comment